Kiat Merawat Sandal Gunung Agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Bagi Anda yang biasa melakukan aktivitas di luar ruangan butuh alas kaki yang mampu melindungi kaki Anda dan salah satunya adalah sandal gunung Sandal yang dipergunakan untuk naik gunung ataupun untuk digunakan sehari-hari ini bisa juga aus di bagian sol karena faktor tertentu misalnya karena sering dipergunakan. Karena dipergunakan di medan yang tidak jarang merupakan medan yang susah untuk ditempuh, maka sebaiknya pilih sandal outdoor di toko online atau toko yang ada di sekitar tempat tinggal Anda dengan kualitas yang bagus walaupun tidak jarang sandal yang berkualitas tersebut memiliki harga yang cukup tinggi.

Untuk menjaga sepatu adventure tersebut tetap dalam kondisi yang baik dan nyaman untuk dipergunakan, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah hindari atau sebisa mungkin jauhkan dari bahan yang terbuat dari minyak misalnya minyak tanah, oli ataupun bensin. Benda-benda tersebut dapat menyebabkan tali sandal bisa mengendur dan lepas serta lem menjadi tidak bisa merekat dengan baik.

Kedua adalah jangan terlalu sering terkena air. Walaupun sandal untuk naik gunung ini digunakan sebagai pengganti alas kaki agar mudah bagi Anda misalnya saat membersihkan kaki di mata air atau sungai, namun, jika hal tersebut berlangsung lama bisa menyebabkan lem karet menjadi terkikis sehingga sandal tidak awet lagi. Ketiga adalah jauhkan dari api karena sandal untuk mendaki ini terbuat dari bahan atau material yang mudah terbakar.

Keempat adalah gunakan alat pembersih yang tepat. Untuk membersihkan bagian luar dari sandal gunung milik Anda, maka Anda bisa mempergunakan sikat lembut atau lap basah yang kemudian diusapkan dengan perlahan dan sedikit ditekan untuk menjaga lapisan luar dari sandal tersebut. Sedangkan untuk di bagian bawah dari sandal tersebut Anda bisa menggunakan lidi atau tusuk gigi yang dipergunakan untuk membersihkan sela grip yang ada di sandal. Cara tersebut bertujuan agar sandal untuk naik gunung Anda tersebut tetap memiliki daya cengkram yang bagus saat digunakan untuk naik gunung.

Kelima adalah gunakan bahan pembersih yang tepat dan sebaiknya jangan menggunakan campuran sabun apalagi deterjen. Hal tersebut disebabkan sabun atau deterjen mampu merusak bahan material sepatu. Sebagai gantinya, Anda bisa mempergunakan mild soap yang memiliki pH yang netral. Sedangkan setelah dibersihkan dan dibilas dengan bersih Anda bisa mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan atau tidak dijemur langsung di bawah sinar matahari. Hal tersebut bertujuan agar material sandal tersebut tidak mudah rusak atau terkelupas.

Anda bisa menyimpannya di rak dan hindari untuk menumpuk sandal tersebut agar sandal tetap dalam kondisi yang bagus. Untuk membuat agar sandal gunung Anda yang menggunakan trigonal plastic connector atau TPC sebagai penyambung pada titik temu tali atau rope webbing bisa ditambahkan carabiner. Caranya adalah dengan mengurai simpul gelang lalu memotong bagian tersebut sesuai dengan panjang ukuran yang And ainginkan dan masukkan tali ke bagian celah webbing tempat TPC yang rusak atau yang ingin diganti. Sambungkan tali karmantel menggunakan nyala api dan rapatkan. Jika pada bagian TPC yang Anda miliki di sandal outdoor Anda rusak, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan carabiner sehingga membuat sandal tersebut menjadi awet. Namun tetap hindari menggunakan sandal outdoor di jalan atau track yang kurang mendukung atau yang terjal agar kaki Anda tetap bisa terlindungi dengan baik.