Mengenal Mesin Printing Baju DTG dan Kelebihannya

Industri baju atau produk tekstil lainnya mulai banyak digandrungi oleh anak muda. Bahkan saat ini jasa untuk mencetak baju yang sesuai dengan desain yang Anda inginkan juga banyak ditawarkan. Nah, bagi Anda yang ingin memesan baju custom, ada baiknya mengenal lebih jauh tentang mesin printing baju DTG beserta berbagai kelebihannya.

Apa itu DTG?

DTG merupakan singkatan dari Direct to Garment, dimana mesin ini mampu mencetak gambar langsung pada bahan garmen atau kain. DTG merupakan teknologi terbaru dalam dunia industri tekstil. Berbagai kelebihan pun ditawarkan oleh mesin ini. Mesin DTG mulai banyak digunakan semenjak tahun 2008, ketika mulai banyak muncul mesin DTG buatan Indonesia.

Mesin DTG memiliki sistem kerja yang sama dengan printer pada umumnya dengan menggunakan tinta yang khusus untuk tekstil. Jika pada printer biasa media yang digunakan untuk mencetak adalah kertas, pada mesin DTG media yang digunakan adalah kain. Pengoprasiannya pun sama dengan printer biasa, yaitu menggunakan komputer.

Pada awal kemunculannya mesin DTG hanya bisa cetak baju berwarna terang. Namun setelah adanya tinta putih, baju berwarna gelap pun bisa digunakan. Karena pada kain gelap membutuhkan penambahan tinta putih dan dua kali pencetakan, umumnya harga jualnya juga lebih mahal pada kain berwarna terang.

Kelebihan Mesin DTG

DTG memiliki berbagai kelebihan yang ditawarkan, baik dari segi daya tahan, akurasi, kecepatan dan biaya produksi. Daya tahan baju sendiri sebenarnya sangat bergantung pada jenis tinta yang digunakan, semakin bagus tintanya maka daya tahannya akan semakin tinggi.

Masalah akurasi, teknik printing baju dengan metode DTG merupakan yang terbaik. Karena mencetak langsung ke atas baju dan menggunakan sistem komputer, akurasi gambar dan ketepatan warnanya pun sangat bagus. Metode ini dapat menghasilkan gradasi warna yang tajam dan detail, sehingga sangat cocok untuk mencetak foto dan gambar dengan desain yang rumit.

Proses pengerjaannya sendiri cukup cepat, untuk ukuran gambar A3 hanya butuh 5-10 menit untuk kaos warna terang dan 15-20 menit untuk kaos warna gelap, karena membutuhkan 2 kali proses pencetakan. Namun jika digunakan untuk produksi massal metode ini kurang efektif karena proses pengerjaannya yang satu per satu.

Kelebihan lain DTG adalah biaya produksi yang tidak bergantung pada kuantiti. Jadi, baik produksi sedikit atau banyak biaya produksinya akan tetap sama. inilah sebabnya metode DTG banyak digunakan para penyedia jasa pembuatan baju custom.

Nah, Bagi Anda yang ingin cetak baju custom, sebaiknya pastikan tempat Anda memesan menggunakan mesin DTG, seperti Costum.my. Sehingga gambar yang dihasilkan akurat, presisi dan tanpa minimum jumlah pemesanan.